Just Say It Bro!!

Ekonomi Hancur dan Kemiskinan Meningkat di Indonesia, Benarkah?

Faktanya adalah ekonomi Indonesia semakin kuat dan penurunan angka kemiskinan

2,093

Indonesia saat ini telah menginjak babak baru di Tahun 2018. Menjelang pesta demokrasi dalam pemilihan Kepala Daerah menjadikan masing-masing calon berlomba-lomba untuk mengedepankan visi dan misi untuk pembangunan ekonomi dan memberantas kemiskinan.

Bagaimana pemerintah saat ini, apakah tidak mampu memperbaiki perekonomian Indonesia? Bagaimana dengan angka kemiskinan yang ada di Indonesia? Mari kita bahas satu per satu.

Ekonomi

Ditangan mantan Wali Kota Solo, perekonomian Indonesia telat mengalami peningkatan yang luar biasa. Hampir di seluruh sektor, mulai dari perekonomian, Pariwisata, Keamanan, Hubungan Diplomatik, dll, telah dibangun pemerintah Jokowi dengan baik dan bagus. Seluruh negara-negara maju telah mengakui perubahan struktur ekonomi di Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Amerika dan Presiden Korea beberapa waktu lalu.

Pesatnya pembangunan ekonomi Inndonesia ditandai dengan banyaknya pembangunan infrastruktur jalan, bandara, dan pelabuhan sebagai faktor terpenting dalam menunjang roda perekonomian di setiap wilayah di Indonesia. Tidak hanya datang dari pemerintah Indonesia, tetapi juga banyaknya investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia. Mengapa investor asing ingin berinvestasi di Indonesia? Hal ini terjawab dengan ‘kepercayaan’ para investor terhadap pemerintahan Jokowi dalam membangun suatu negara yang lebih maju.

Jika melihat sumber perkembangan ekonomi Indonesia dari dalam negeri, banyak yang berpikir bahwa itu semua adalah permainan yang dibuat oleh pemerintah, sehingga kami melihat dari sumber media asing.

Dilihat dari beberapa sumber ‘media asing’, seperti  worldbank.org, businessinsider.sg,  dan trtworld.com,  Indonesia akan menjadi salah satu negara kuat di bidang perekonomian. Banyak yang memprediksi bahwa pada tahun 2030, Indonesia akan menempati peringkat ke-5 dalam kekuatan ekonomi, setelah Cina, Amerika Serikat, India, dan Jepang.

Bagaimana dengan hutang Indonesia? Coba lihat daftar hutang negara-negara maju seperti Jepang, Inggris, Amerika, dan negara lainnya. Berapa banyak hutang yang dimiliki oleh masing-masing negara. Tapi, kenapa mereka (negara-negara asing) bisa maju secara ekonomi?. Hal ini didasari oleh Produk Domestik Bruto (PDB) yang lebih besar dibandingkan dengan hutangnya. Oleh karena itu, pemerintah membangun beberapa infrastruktur untuk memperkuat kegiatan perekonomian di Indonesia.

Kemiskinan

Beberapa orang beranggapan bahwa kemiskinan di Indonesia semakin meningkat. Apakah mereka berbicara soal fakta dan data? Atau hanya sekedar ambisius untuk menjatuhkan kinerja pemerintah?

Pada tanggal 2 Januari 2018, situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis presentase penduduk miskin yang ada di Indonesia dari Tahun 1999 hingga data per September 2017. Menurut data dari BPS, angka kemiskinan di Indonesia per September 2017 sebanyak 26,58 juta jiwa (10,12%). Angka tersebut adalah angka terkecil dari jumlah kemiskinan beberapa tahun kebelakang. Apalagi ditambah dengan jumlah penduduk yang setiap tahunnya semakin bertambah. Apakah ini bukan suatu keberhasilan pemerintah Jokowi dalam menekan angka kemiskinan di Indonesia? Mikir Bos!

Selain itu, program pemerintah yang telah berjalan adalah dengan memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKP) bagi masyarakat miskin. Program-program tersebut telah dijalankan oleh pemerintah. Jika program yang telah dijalankan oleh pemerintah tidak diterima oleh beberapa perusahaan atau biro jasa yang telah bekerjasama dengan pemerintah, makan kesalahan tersebut bukan pada pemerintah, tetapi OKNUM yang tidak menghendaki program pemerintah. Maka sebagai masyarakat Indonesia berhak melaporkan kepada pihak berwenang, sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

Jadi, apa yang kurang dengan program-program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintahan Jokowi?. Yang salah adalah kita, tidak mau mencari informasi secara benar dan bijak dalam mengolah informasi. oleh karena itu, mencari informasi dengan data dan fakta itu perlu, Demi Indonesia yang lebih baik. (Dinda)

Comments