Just Say It Bro!!

Waspada! Hoax “Stanley Greenberg” Kembali Gentayangan

1,196

Ngatain – Sebelum membaca tulisan ini sampai habis, mari kita sama-sama mengucapkan “Aku berlindung dari godaan HOAX yang terkutuk”. Mengapa harus mengucapkan kata-kata tersebut? Karena informasi hoax ini memiliki efek yang sangat mematikan. Sudah banyak fakta yang menyebutkan bahwa orang sesuku bisa saling serang karena terpengaruh hoax. Bahkan sesama saudara pun bisa saling menghantam dan saling berkelahi. Selain itu, semakin banyak kamu mengkonsumsi informasi hoax, kamu bisa berubah jadi zombie (setengah mati setengah hidup) loh. Ga percaya? Ayo mari kita telaah secara akademis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Graham Davey, ahli psikologis dari Inggris, disebutkan bahwa hoax tidak hanya memiliki dampak sosial tapi juga berdampak negatif terhadap kesehatan mental. Lebih jauh, Dr. Graham juga menyatakan, hoax dapat mengubah suasana hati seseorang menjadi cenderung lebih cemas, reaktif, merasa terancam, dan berprasangka negatif. Nah kalau sudah seperti itu, apa sifat dasar manusia yang akan timbul? Pasti mau “makan” orang kan. Nah kalau udah mau “makan” orang, pasti kamu mirip zombie-zombie ini.

Nah yang lebih ngeselinnya lagi, hoax zaman now ini udah kayak hantu aja bro, lebih tepatnya kayak jailangkung, bisa dipanggil (baca:disebarin lagi), terus akhirnya gentayangan lagi di medsos untuk meneror warganet. Hoax yang kayak jailangkung ini namanya “Stanley Greenberg”. Kenapa hoax ini mirip jailangkung? Isu terkait Stanley Greenberg ini sebenarnya pertama kali muncul di awal tahun 2014. Didalam isu tersebut disebutkan bahwa Stanley Greenberg adalah otak dibalik pencitraan Presiden Jokowi. Karena terbukti tidak memiliki bukti otentik dan cenderung mengarah pada sebuah rekayasa atau fitnah yang dilemparkan oleh kelompok-kelompok tertentu, hoax ini akhirnya mati dengan sendirinya. Namun sayangnya masih saja ada orang-orang pekok yang percaya pada informasi tidak jelas itu.

Beberapa hari yang lalu, saya sempet ngakak guling-guling membaca postingan di sosial media yang berisi tautan berjudul “Mengenal Stanley Greenberg Otak Di Balik Pencitraan Jokowi”. Artikel itu bisa dilihat melalui tautan ini. Saya tidak habis pikir, kalau buat hoax itu yang pintar dikit lah, masak pakai data tidak jelas, terus basi lagi. Gimana ngga bikin ngakak? Namun sayang seribu sayang, hoax ketinggalan kereta ini ternyata masih banyak yang nge-retweet dan reply. Ya ampun, kok bisa gitu ya? Semoga yang baca artikel ini bukan bagian dari manusia-manusia itu ya. Amin.

Pasti kamu penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi pada isu “Stanley Greenberg”? Daripada saya berbicara panjang lebar dan pastinya membuat kamu bosan, lebih baik kamu baca tautan yang mencerahkan ini. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu tidak terpengaruh dengan hoax “Stanley Greenberg”. Ga mau kan kamu disebut zombie? Pasti lah engga mau, pekok berarti kalau mau.

Sebagai warganet yang cerdas dan baik, mari kita doakan para penyebar hoax itu diberi petunjuk, serta berdoa agar kita selalu diberi kekuatan untuk menangkal godaan hoax. INGAT! Ikut menyebarkan hoax dosanya sama seperti pembuat hoax loh. Ingin tau caranya biar bisa kebal hoax? Baca aja tautan ini bro. So, waspada dan tetap hati-hati dalam bersosial media. Jangan sampai hoax mempengaruhi dan mengendalikan suasana hati kamu.

Comments